Analisis Iklan Nutrilon Royal 3 : Life Starts Here

Udah pada tau kan iklan susu Nutrilon Royal 3 : Life Starts Here ? yap, iklan yang menggambarkan keceriaan anak-anak dalam bermain dan menunjukkan bahwa setiap anak berhak untuk bermimpi dan memiliki impian yang berbeda-beda. Sewaktu mendapat tugas dari dosen untuk menganalisis iklan di televisi, saya langsung tertarik dengan iklan ini, selain anak-anak kecilnya yang ngegemesin banget, pesan yang disampaikan oleh iklan ini menurut saya bagus dan ngena banget. Terlepas dari tujuan si produsen yang ingin menjual produknya. Nah, berikut analisis saya terhadap iklan ini :) :

Analisa 1 bentuk iklan yang ada di media televisi pada saat ini :

  1. Deskripsikan iklan yang anda analisa!
  2. Positioning brand yang diiklankan?
  3. Analisa atribut produk/jasa yang diiklankan?
  4. Tujuan yang hendak dicapai oleh pemasang iklan?
  5. Analisa target audience!
  6. Analisa pasar yang hendak dicapai!
  7. Media yang diinginkan apa saja?

Jawab :

Analisis iklan susu New Nutrilon Royal 3 : Life Starts Here.

  1. Iklan ini menampilkan keceriaan dan kebebasan anak-anak yang masing-masing memiliki mimpi yang berbeda. Dalam iklan tersebut dideskripsikan bahwa terdapat cita-cita dan harapan pada diri setiap anak yang terlihat dari ketertarikannya dalam bermain.
  2. Nutrilon merupakan salah satu merk produk susu bayi yang dihasilkan oleh perusahaan produsen susu terkenal, Nutricia. Nutrilon memiliki beberapa jenis produk yaitu, Nutrilon, Nutrilon Gold, Nutrilon Royal, dan Nutrilon Soya. Nutrilon Royal tergolong produk paling mahal dengan takaran kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan Nutrilon Gold maupun Nutrilon. Jadi, positioning brand Nutrilon Royal adalah susu dengan kandungan nutrisi tinggi yang harganya mahal.
  3. Dalam iklan Nutrilon Royal 3, atribut produk yang digunakan ialah segala aspek pendukung yang ingin disampaikan si pengiklan yaitu melalui kata-kata dan puisi pada iklan tersebut. Pada akhir iklan ada kalimat “Life Starts Here” yang berarti kehidupan seorang anak diawali oleh nutrisi apa yang ia dapatkan dan dalam konteks ini ialah susu Nutrilon Royal.
  4. Tujuan yang hendak dicapai oleh pemasang iklan ialah tercapainya tujuan dari iklan itu sendiri yakni meningkatnya penjualan dari susu Nutrilon Royal tersebut. Dan pesan dari iklan itu sendiri tersampaikan kepada khalayak tertentu yang menjadi target audience dari produk Nutrilon Royal.
  5. Berdasarkan positioning dan melihat tampilan iklan yang dibuat oleh susu Nutrilon Royal, menurut analisa saya, target audience yang sesuai dengan produk tersebut ialah ibu-ibu (ibu rumah tangga dan wanita karir yang memiliki anak) menengah keatas yang berlatar pendidikan cukup baik. Mengingat bahwa iklan yang dibuat sangat tersirat sehingga tidak semua kalangan dapat mengerti. Terlebih lagi 1 kaleng kecil susu Nutrilon Royal harganya Rp 167.000,- yang dirasa cukup mahal dibandingkan dengan susu anak lainnya.
  6. Target pasar dalam penjualan Nutrilon Royal adalah para ibu yang memiliki usia berkisar antara 28-35 tahun, dengan asumsi pada usia ini merupakan usia produktif bagi seorang ibu untuk mempunyai anak dan anak yang dimiliki diperkirakan mempunyai usia berkisar antara 0-7 tahun. Target lainnya  adalah keluarga muda yang memiliki tingkat kehidupan mapan serta mempunyai latar belakang pendidikan yang baik.
  7. Nutrilon Royal diharapkan dapat memperkenalkan brand-nya kepada khalayak ramai dengan promosi maupun iklan yang  dilakukan di media massa. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih mengenal Susu Nutrilon Royal. Seperti diketahui bahwa tingginya kebutuhan masyarakat akan susu kaya nutrisi serta tingkat loyalitas konsumen pengguna susu pertumbuhan yang cukup tinggi merupakan suatu peluang yang harus diperhatikan dengan serius oleh Nutricia dalam memperkenalkan Nutrilon Royal. Selain itu media yang dapat digunakan juga bisa melalui Public Relation. Kegiatan yang dilakukan adalah “kindergarten management”, yaitu program  kunjungan ke TK, dimana dilakukan perlombaan bagi para murid TK dan para ibu diberikan penjelasan tentang nutrisi  atau kesehatan anak. Kemudian dengan mengadakan “baby contest” di beberapa key account seperti Giant atau Hypermart, juga mengadakan permainan di toko tempat penjualan.
About these ads

10 thoughts on “Analisis Iklan Nutrilon Royal 3 : Life Starts Here

  1. Hmm analisa yg menarik… I’m erol, and currently working in adv agency that produce this Nutrilon TVC. Thanks for ur analysis, quite happy to know that a lot of people see our “vision” in this ads and its helps us to be more creative and do better work in the future.

    • hi erol.. thanks for ur comment. :) i would like to say that i really loved the nutrilon commercial, especially the music. that’s why i choosed it for my midtest assignment :p
      i hope u can share ur experience about produce some adv.. it would really help me to improve my skills in analyzing or making an advert. :)

  2. halo,raisha,salam kenal,aq saras,umurq 27,anakq umur 2 thn,aq ktmu website km wkt aq browsing info ttg susu ankq,Nutrilon Royal 3.. Tp trnyta yg dbahas mlah soal iklannya.. Tp gpp sih.. So far,it’s ok.. Jd tmbah mantap aja nih,ksh Nutrilon bt buah hati trcinta.. Thanks ya..

  3. Aku nuning,aku punya 2 org putra yg fatih berusia 2 thn dn alfaro 2 bln.aku dn fatih suka iklan ini. Iklan sangat bagus,beda sama iklan2 laen (lebih kreatif).di tunggu ya iklan berikut’y.. Semoga makin keren.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s