Tugas-tugas Kuliah

Komunikasi Bisnis

Ini soal dan jawaban saya untuk mid semester mata kuliah komunikasi bisnis, semoga bisa jadi bahan referensi🙂

 

  1. 1.      Uraikan secara lengkap yang anda ketahui tentang komunikasi bisnis.

Jawaban :

Komunikasi bisnis adalah setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnerships, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan satu gagasan; suatu produk; servis; atau suatu organisasi, dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi Bisnis meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal bisnis tersebut. Komunikasi yang internal termasuk komunikasi visi (perseroan/perusahaan), strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat di perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan-gagasan, dll. Komunikasi eksternal termasuk merek, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis, dll. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).

Dalam komunikasi bisnis dikenal tiga level komunikasi, yakni komunikasi massa, komunikasi kelompok dan komunikasi interpersonal. Komunikasi massa dalam komunikasi bisnis diperlukan untuk menyampaikan pesan kepada publik dan menerima pesan dari publik. Agar komunikasi bisnis pada level komunikasi massa berjalan dengan efektif perlu mengetahui karakteristik komunikasi massa, yakni (1) sumbernya terlembagakan, (2) pesannya bersifat publik, (3) medianya bersifat simultan dan periodik, (4) khalayak heterogen, anonim dan tersebar, serta (5) efeknya tidak seketika. Komunikasi kelompok dalam komunikasi bisnis bentuknya sangat bergantung pada jenis kelompok yang dibentuk. Ada beberapa jenis kelompok, seperti (1) kelompok kerja, (2) focus group, (3) komite, (4) konferensi media, (5) rapat publik. Kegiatan komunikasi bisnis pada level komunikasi kelompok ini amat dipengaruhi budaya.

Komunikasi bisnis juga berlangsung dalam level komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal ini merupakan kegiatan memunculkan makna melalui pertukaran pesan. Agar kita memanfaatkan komunikasi interpersonal ini dengan baik kita harus mengingat 10 prinsip komunikasi bisnis. Juga harus mempertimbangkan proses simplifikasi dan abstraksi saat mengubah gagasan menjadi pesan. Dalam menyampaikan pesan tersebut, kita juga harus memperhatikan siapa penerima pesan tadi.***

  1. Uraikan secara lengkap tentang pertautan antara bisnis, organisasi, ekonomi, komunikasi dan komunikasi bisnis.

Jawaban :

Dalam ilmu ekonomibisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis berasal dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Sedangkan komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompokorganisasi, dan masyarakat menggunakan informasi agar terhubung  dengan lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu, ekonomi, bisnis, organisasi, komunikasi dan komunikasi bisnis sangat berkaitan erat. Karena, dalam prinsip ekonomi, untuk memperlancar bisnis organisasinya mereka harus melakukan komunikasi bisnis untuk menciptakan hubungan dengan partnershipnya.. Dan untuk memperlancar sebuah komunikasi bisnis, seseorang atau sebuah organisasi harus memahami dengan baik tata cara berkomunikasi. Karena, komunikasi bisnis berbeda dengan bentuk komunikasi lainnya (ex : komunikasi lintas budaya) yang mau tidak mau bisa saja terjadi setiap hari. Komunikasi bisnis memerlukan perencanaan matang terutama cara berkomunikasinya, baik secara verbal maupun nonverbal.***

  1. 3.      Komunikasi bisnis ditunjang oleh ilmu-ilmu lainnya seperti Bahasa, Psikologi, Sosiologi, Antropologi, dan Teknologi. Uraikan secara lengkap peran dari ilmu-ilmu penunjang tersebut, demi kelancaran dari suatu komunikasi bisnis.

Jawaban :

Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkungannya. Menurut asalnya katanya, psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno: “ψυχή” (Psychē yang berarti jiwa) dan “-λογία” (-logia yang artinya ilmu) sehingga secara etimologis, psikologi dapat diartikan dengan ilmu yang mempelajari tentang jiwa.

Sosiologi berasal dari bahasa Latin yaitu Socius yang berarti kawan, teman sedangkan Logos berarti ilmu pengetahuan. Walaupun banyak definisi tentang sosiologi namun umumnya sosiologi dikenal sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya. Sosiologi hendak mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia dengan mengamati perilaku kelompok yang dibangunnya. Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat di kontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Kelompok tersebut mencakup keluargasuku bangsanegara, dan berbagai organisasi politik, ekonomi, sosial.

Antropologi adalah salah satu cabang ilmu sosial yang mempelajari tentang budaya masyarakat suatu etnis tertentu. Antropologi lahir berawal dari ketertarikan orang-orang Eropa yang melihat ciri-ciri fisik, adat istiadat, budaya yang berbeda dari apa yang dikenal di Eropa. Antropologi lebih memusatkan pada penduduk yang merupakan masyarakat tunggal, tunggal dalam arti kesatuan masyarakat yang tinggal daerah yang sama, antropologi mirip seperti sosiologi tetapi pada sosiologi lebih menitik beratkan pada masyarakat dan kehidupan sosialnya.

Teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis; ilmu pengetahuan terapan atau dapat pula diterjemahkan sebagai keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yg diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Dalam memasuki Era Industrialisasi, pencapaiannya sangat ditentukan oleh penguasaan teknologi karena teknologi adalah mesin penggerak pertumbuhan melalui industri. Sebagian beranggapan teknologi adalah barang atau sesuatu yang baru. namun, teknologi itu telah berumur sangat panjang dan merupakan suatu gejala kontemporer. Setiap zaman memiliki teknologinya sendiri.

Kesimpulannya : Berdasarkan pengertian-pengertian yang telah dijelaskan diatas, dapat disimpulkan bahwa, ilmu psikologi membantu kita (orang yang melakukan komunikasi bisnis) untuk memahami karakter jiwa seseorang dalam melakukan komunikasi dengannya. Kita tidak mungkin memaksa orang untuk memutuskan akan bekerjasama atau tidak apabila dia sedang dalam keaadaan berduka. Untuk itulah diperlukan ilmu psikologi dalam komunikasi bisnis. Sedangkan  ilmu sosiologi, membantu kita dalam mempelajari masyarakat, perilaku masyarakat, dan perilaku sosial manusia. Tentu saja hal terebut sangat penting dalam komunikasi bisnis, mengingat bahwa perilaku sosial manusia sangat beragam dan berbeda-beda.

Dan ilmu antropologi, membantu kita dalam memahami budaya orang yang akan kita jadikan partner bisnis. Dikarenakan setiap budaya sangat berbeda-beda dan unik, maka diperlukan pemahaman ilmu antropologi untuk memperlancar komunikasi bisnis dengan orang yang berbeda budaya dengan kita. Yang terakhir ialah teknologi yang tentu saja sangat berperan besar dalam memperlancar komunikasi bisnis. Komunikasi tidak lagi serumit dan sesulit dulu. Orang-orang dapat dengan sangat mudah melakukan transaksi  bisnis tanpa harus bertatap muka. Contohnya saja saat ini, penjualan melalui system online (melalui web, blog, facebook, dll) dirasa cukup keefektifannya. Dan dengan kemajuan teknologi, orang-orang yang melakukan komunikasi bisnis dapat lebih menghemat waktu dan biayanya.***

 

  1. 4.      Buatlah contoh simulasi negosiasi yang pernah anda alami. Posisikan diri anda sebagai orang yang netral cenderung pro, dan posisikan pula diri anda sebagai orang yang kontra. Jelaskan bagaimana argumentasi dan reaksi dari lawan bicara anda tersebut.

Jawaban :

Simulasi negosiasi yang pernah saya alami adalah pada saat saya menjadi orang yang bertanggungjawab untuk menghubungi perusahaan-perusahaan yang akan diajak untuk bekerjasama dalam seminar dan pameran yang kampus kami adakan. Pada saat itu, saya menghubungi salah satu perusahaan untuk menawarkan stand pameran yang kami beri harga Rp.1.500.000,- untuk ukuran 3×3 m2. Pihak perusahaan berusaha menawar harga tersebut menjadi Rp.900.000,-.

Perusahaan : mbak, dengan harga 1,5 juta itu kita dapat apa aja ya?

Saya : dapat meja tamu beserta taplaknya, 3 buah kursi, kelistrikan, karpet, dan kalau bapak membutuhkan viewer kami juga menyediakan tapi harus dikonfirmasi terlebih dahulu. Bagaimana pak?

Perusahaan : lokasinya di mana ya mbak?

Saya : di lapangan depan rektorat pak. Di sana tempatnya strategis. Kemungkinan akan banyak yang datang pak.

………

Perusahaan : bagaimana kalau harganya 900 ribu aja mbak?

Saya : saya coba bicarakan dulu dengan coordinator acaranya ya pak. Nanti saya hubungi lagi melalui telepon atau email. Terima kasih pak.

……….

Setelah saya berdiskusi dengan panitia yang lain. Mereka setuju untuk menurunkan harganya dengan fasilitas yang sama namun ukuran stand diperkecil menjadi 3×2,5 m2 . lalu saya menghubungi perusahaan itu lagi.

Saya : kami setuju untuk menurunkan harga stand yang kami tawarkan ke bapak beberapa waktu yang lalu menjadi 900 ribu. Tetapi ukuran stand kami perkecil menjadi  3×2,5 mdengan fasilitas yang sama. Bagaimana pak?

Perusahaan : oke, saya setuju, tapi tolong layout standnya dikirimkan ke saya ya.

Saya : baik pak. Akan saya kirimkan secepatnya ke email bapak. Terima kasih banyak pak. ***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s